Senin, 15 Maret 2010

PASTORAL SEKOLAH

1. Kegiatan pastoral sekolah yang masih relevan dan tidak relevan

ü Koinonia

Perkenalanà relevan, karena merupakan suatu profesi yang harus dilaksanakan oleh pekerja pastoral yang berhubungan dengan jabatannya. Mis; mengenal perkembangan mental spiritualitas siswa, mengenal siswa dalam hubungan dengan keluarganya, mengenal kebutuhan dan masalah siswa, guru-guru diharapkan dapat saling mengenal pribaadi maupun dalam tugas-tugas serta berusaha mengenal dan mengunjungi sati sama lain.

Inventarisasi à relevan, hal ini dipandang sebagai pengenalan siswa lebih dalam jika dikaitkan dengan perkembangan kemajuan zaman pada saat ini.

Bimbingan à relevan, merupakan tindak lanjut dari inventarisasi yang telah dilakukan. Namun ada beberapa kegiatan bimbingan yang tidak relevan mis; bimbingan kepada orang tua dari siswa yang mengalami masalah dalam pendidikan, bimbingan pastoral kepada guruà dibutuhkan namun tidak relavan untuk zaman sekarang.

Musyawarah dengan orang tua à relevan, perlunya ada kerja sama antara orang tua dan pihak sekolah untuk dapat melihat pastoral sekolah sebagai lahan pembinaan bagi anak-anak.

Musyawarah semua guru à relevan, dibutuhkan kerjasama yang baik antar pelaku pastoral itu sendiri. Pembicaraan antar pekerja pastoral dengan siswaà relevan, perlunya komunikasi yang baik antara pekerja pastoral dan siswa. Pembicaraan dengan instansi lainà relevan, perlunya kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan instansi lain untuk menambah jaringan relasi guna menunjang pastoral.

Perencanaan Pendidikan à relevan, karena dapat mengintegrasikan baris penuntun dari pemerintah dengan pandangan pedagogis mengenai pendidikan dan ajaran dan kebijakan Gereja Katolik.

Perencanaan khusus dalam hubungan dengan kegiatan-kegiatan pastoral sekolah à relevan terutama di sekolah katolik untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan guna mempertebal iman.

Rencana kerja pastoral à relevan,

Perencanaan sesuai dengan tujuan pastoral à relevan

Pengelolaan àrelevan

Evaluasi à relevan

ü Kerygma

Bersumber dan berpusat pada sabda Allah à relevan, pastoral sekolah tidak bisa terlepas dari ajaran-ajaran gereja.

Hubungan dengan mereka yang beragama lain à relevan, dapat membangun dialog yang lebih baik dengan agama lain. Pastoral sekolah dipandang sebagai komunikasi antar agama, baik dari pihak siswa, guru maupun karyawan.

Soal pendidikan keagamaan à relevan, untuk pengembangan hidup rohani, baik siswa katolik maupun non katolik, namun khusus kepada siswa katolik.

ü Liturgia

Perayaan liturgi sebagai sumber dan puncak hidup kristiani à relevan

Partisipasi yang non katolik à relevan, karena mereka setelah bergabung bersama di sekolah katolik konsekuensinya mengikuti segala kegiatan terlebih jika menuntut keterlibatan dari pihak non katolik.

Misa sekolah à relevan.

Perayaan tahun liturgi à tidak relevan

Tugas dalam pengudusan à relevan

ü Diakonia

Pelayanan manusia seutuhnya à

Pembagian tugas à relevan agar kegiatan bisa terkontrol dengan baik.

Pembinaan khusus, konseling pastoralàrelevan, karena petugas pastoral juga harus mengetahui keadaan dari siswanya. Bimbingan status hidup à relevan, karena siswa perlu memantapkan diri untuk menjadi yang terbaik. Kaderisasi à relevan, karena generasi muda adalah masa depan gereja jadi siswa perlu mengetahui dan bisa mempelajari hal yang berkaitan dengan Gereja.

ü Martyria

Ciri jati diri sekolah katolik à relevan, khususnya siswa katolik tahu bahwa sekolah katolik memang baik.

Citra sekolah katolik à relevan, menyadari konsekuensi ditengah masyarakat.

Kristenisasi à tidak relevan, karena tidak ada yang memaksa non katolik untuk masuk ke sekolah katolik, karena dalam sekolah katolik tata nilai dan aturan dan kegiatan yang bertolak dari gereja katolik, sehingga harus menerima konsekuensi dalam sekolah katolik.

Kesaksian demi pembangunan masyarakat, bidang pendidikan à tidak relevan, karena meskipun pastoral sekolah namun tindak lanjut dalam masyarakat belum tampak, bidang medis à tidak relevan, bidang sosial ekonomi à tidak relevan, bidang pelayanan sosial àrelevan, pembangunan masyarakat à tidak relevan, bidang kebudayaan à relevan, bidang ekumene à relevan.

2. Kegiatan yang perlu ditambahkan untuk kelima bidang pastoral sekolah sesuai dengan situasi zaman sekarang

· Rekoleksi

· Retret sekolah

· Rekreasi sekolah

· Pelatihan

3. Cara yang tepat dalam melaksanakan ke lima bidang pastoral sekolah.

Cara untuk melaksanakan pastoral sekolah menurut lima bidang tersebut, diantaranya adalah:

· Silahturahmi antar agama dalam sebuah perayaan mis; Natal-Paskah, Tahun baru, Lebaran dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar